iklan

Bagian - Bagian dari Software Autodesk Inventor

Daftar Isi [Tampil]

Kebanyakan dari kalian mungkin sudah mengenali bahkan ada yang sudah memakai Software dari perusahaan Autodesk salah satunya yaitu Software Autodesk Inventor untuk media belajar di sekolah dan perkuliahan. Dari beberapa kalian pastinya akan bingung atau kurang tau untuk menu atau tool yang ada di Software Autodesk Inventor itu sendiri. Maka dari itu pada kesempatan kali ini Situs Warga akan menjelaskan dan menampilkan beserta gambarnya untuk memudahkan kalian dalam menerima penjelasannya.

Sebelum itu kalian harus baca juga artikel "Pengertian dan Cara Penginstalan Software Autodesk Inventor di Situs Resmi Autodesk" agar lebih paham dan mengerti tentang Software Autodesk Inventor.

Tampilan Awal dari Software Autodesk Inventor


Halaman awal Autodesk Inventor

Gambar diatas merupakan tampilan awal dari Software Autodesk Inventor. Software yang saya pakai adalah Autodesk Inventor Profesional 2020, untuk versi yang lama atau baru kemungkinan masih tetap sama tampilan awalnya dan menu - menunya.

Untuk menu atau tool yang ada di Autodesk Inventor ada banyak sekali, tetapi pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang menu - menu dasar dalam pembuatan objek 2 dimensi dan 3 dimensi. Jika pada saat kalian menggambar pada Autodesk Inventor dan satuan ukurannya masih Inchi kalian bisa mengubahnya di satuan ukuran mm (milimeter).

Caranya, kalian klik tombol gerigi seperti gambar dibawah ini


Jika kalian suadah klik tombol gerigi akan membuka tampilan "configure default templates" pada menu tersebut kalian ganti dari satuan ukuran Inchi ke satuan ukuran milimeter. Jika sudah kalian klik Ok.

Untuk memulai dalam pengerjaan atau menggambar kalian klik pada menu "New" atau  tombol shortcut Ctrl + N dan akan menampilkan gambar seperti dibawah ini.



Pada tampilan awal dari menu "New" akan menampilkan 4 menu pada samping kanan. Yaitu Part, Assembly, Drawing dan Presentation. Untuk tampilan yang baru menginstal Autodesk Inventor maka menunya sedikit, untuk menampilkan menu seperti  pada gambar maka kalian klik tanda panah yang ada di samping tulisan "en-US" dan klik Metric. Lalu kalian pilih  menu yang akan kalian gunakan, contohnya akan membuat objek 2 dimensi atau 3 dimensi kalian klik 2 kali pada menu "Standart (mm).ipt" atau klik satu kali lalu klik "Create".

Bagian - Bagian Tool Autodesk Inventor


tampilan dari menu "Part"

Pada tampilan awal menu "Part" akan memperlihatkan tool - tool yang ada di Autodesk Inventor. Tool - tool tersebut dibagi menjadi 2 bagian yang paling dasar, yaitu untuk 2 dimensi dan 3 dimensi. Dan pada tampilan diatas merupakan tampilan dari tool 3 dimensi.

Tool dasar untuk 3 dimensi terdiri dari 2 kelompok

  • Create

menu create pada 3 dimensi

Pada menu "Create" terdiri dari beberapa tool yaitu :

1. Extrude
    Extrude merupakan tool untuk membuat fitur atau badan dengan menambahkan kedalaman atau permukaan profil.

2. Revolve
    Revolve merupakan alat yang digunakan untuk membuat fitur atau badan dengan profil memutar  pada sketsa yang memiliki sumbu atau center line.

3. Sweep
    Sweep merupakan tool untuk membuat profil memanjang sesuai dengan line atau garis yang digambar, dan untuk bentuknya sesuai dengan permukaan pada ujung line atau garis.

4. Loft
    Loft untuk membuat bentuk transisi antara dua sketsa atau lebih.

5. Coil
    Coil untuk membuat fitur helical atau lebih dikenal dengan per.

6. Emboss
    Emboss untuk membuat fitur yang muncul atau tersembunyi pada objek atau profil.

7. Derive
    Derive untuk membuat bagian menggunakan suku cadang atau rakitan dari folder Autodesk Inventor sebagai komponen dasar atau sisipan komponen yang sudah ada sebelumnya.

8. Rib
    Rib untuk membuat rusuk yang berbentuk penyangga berdinding yang menggunakan profil terbuka atau tertutup.

9. Decal
    Decal untuk menerapkan gambar ke bagian profil.

10. Import
    Import untuk menempatkan file dari berbagai sistem CAD dan format file netral ke dalam file bagian Inventor.

11. Unwrap
    Unwrap untuk membuka permukaan yang dipilih ke satu badan permukaan yang merupakan salah satu permukaan gabungan.

  • Modify

menu modify pada 3 dimensi

Pada menu "Modify" terdiri dari beberapa tool yaitu :

1. Hole
    Hole digunakan untuk membuat lubang berdasarkan titik sketsa atau pilihan geometri lainnya.

2. Fillet
    Fillet digunakan untuk menambahkan putaran ke satu atau lebih pada tepi profil, biar lebih mudah untuk memahami kita sebut saja alat untuk menumpulkan tepi sesuai diameter yang ditulis.

3. Chamfer
    Chamfer merupakan alat untuk membuat bevel pada permukaan tepi dari objek.

4. Shell
    Shell digunakan untuk menghilangkan material dari interior, mennciptakan rongga dengan dinding pada ketebalan tertentu.

5. Draft
    Draft adalah alat untuk menambahkan sudut ke permukaan tertentu dari suatu bagian.

6. Thread
    Thread digunakan untuk membuat ulir dalam lubang atau pada poros atau untuk digunakan pada pembuatan baut.

7. Combine
    Combine untuk melakukan operasi pemotongan, peyambungan pada dua atau lebih permukaan benda padat.

8. Combine
    Combine digunakan untuk menambah atau menghilangkan ketebalan pada permukaan selimut atau menciptakan objek baru.
 
9. Thicken / Offset
    Thicken / Offset untuk membuat permukaan baru dengan menambahkan atau menghilangkan ketebalannya.

10. Split
    Split untuk membagi bagian menghadap, memangkas dan menghapus bagian dari bagian atau membagi agian menjadi beberapa badan.

11. Direct
    Direct digunakan untuk mengedit data yang diimpor pada model parametrik, atau menambah dan mengurangi permukaan objek.

12. Delete Face
    Delete Face alat yang diguakan untuk mengahapus sebagian wajah, gumpalan, atau kekosongan pada permukaan profil.

 Itulah beberapa penjelasan dari tool pada 3 dimensi, jika kalian masih awal dan ingin membuat objek 3 dimensi dari gambar 2 dimensi, kalian klik pada tombol "Start 2D Sketch" pada pojok kiri atas. Untuk tampilannya seperti gambar dibawah ini.


Dan akan muncul 3 plane yaitu XY Plane, YZ Plane, dan XZ Plane. Kalian pilih bidang yang mau digambar misalkan pada XY Plane maka akan tampil garis + pada bidang sketsanya. Pada tampilan atas dari bidang gambar terdapat tool-tool atau alat-alat yang akan digunakan dalam pembuatan gambar 2 dimensi. Apa saja? ikuti penjelasannya di bawah ini.

Tool dasar untuk 2 dimensi terdiri dari 4 kelompok

  • Create

Pada menu "Create" terdiri dari beberapa tool yaitu :

1. Line
    Line digunakan untuk membuat garis lurus dengan panjang yang sudah ditentukan.

2. Circle
    Circle digunakan untuk membuat lingkaran dengan ukuran diameter atau jari-jari yang sudah ditentukan.

3. Arc
    Arc digunakan untuk menggambar busur atau lingkaran menggunakan 3 titik, 2 titik dan titik tengah.

4. Fillet
    Fillet yang digunakan untuk membuat lingkaran pada sudut gambar.

5. Text
    Text digunakan untuk menambahkan teks atau tulisan pada gambar.

6. Point 
    Point digunakan untuk menambahkan center point atau titik tengah pada  gambar.

  • Modify

Pada menu "Modify" terdiri dari beberapa tool yaitu :

1. Move
    Move digunakan untuk  memindahkan objek dari satu tempat ke tempat yang lain.

2. Copy
    Copy digunakan untuk menduplikat profil atau gambar menjadi dua atau lebih. 

3. Rotate
    Rotate digunakan untuk  memutar gambar dari sudut 0 derajat sampai 180 derajat.

4. Trim
    Trim merupakan alat yang digunakan untuk memotong atau menghapus garis yang saling bersilangan.

5. Extend
    Extend digunakan untuk menambahkan garis pada gari yang sudah dibuat.

6. Split
    Split merupakan alat yang digunakan untuk membagi entitas kurva menjadi dua bagian atau lebih.

7. Scale
    Scale digunakan untuk memperbesar atau memprkecil ukuran geometri sketsa yang dipilih secara proporsional.

8. Stretch
    Stretch merupakan alat untuk meregangkan geometri yang dipilih menggunakan titik tertentu.

9. Offset
    Offset digunakan untuk menduplikat garis secara sejajar dengan garis sebelumnya.

  • Pattern

Pada menu "Pattern" terdiri dari beberapa tool yaitu :

1. Rectangular
    Rectangular digunakan untuk menduplikat suatu objek secara persegi.

2. Circular
    Circular merupakan alat yang digunakan untuk menduplikat objek secara melingkar.

3. Mirror
    Mirror digunakan untuk menduplikat garis secara sejajar dengan berupa garis sebagai cerminannya.

  • Constrain

Pada menu "Constrain" terdiri dari beberapa tool yaitu :

1. Dimension
    Dimension adalah alat untuk mengubah ukuran pada garis.

2. Coincident Constrain
    Coincident Constrain digunakan untuk menggabungkan garis yang satu dengan yang lainnya.

3. Parallel Constrain
    Parallel Constrain
digunakan untuk mengubah agar garis yang miring menjadi sejajar dengan garis yang lain.

4. Tangent
    Tangent merupakan alat untuk menggabungkan objek lingkaran dengan objek garis atau sebaliknya.

5. Collinear Constrain
    Collinear Constrain alat untuk menyebabkan 2 atau lebih segmen garis atau sumbu elips terletak pada garis yang sama.

6. Perpendicular Constrain
    Perpendicular Constrain digunakan untuk mengubah sudut yang kurang atau lebih dari 90 derajat akan menjaadi sudut siku-siku.

7. Smooth
    Smooth digunakan untuk menjadikan garis gelombang menjadi garis lingkaran.

8. Concentric Constrain
    Concentric Constrain digunakan untuk garis lingkaran lebih sejajar dengan garis lingkaran lainnya.

9. Horizontal Constrain
    Horizontal Constrain  untuk mengubah posisi suatu objek agar lebih lurus menggunakan acuan garis mendatar.

10. Vertical Constrain 
    Vertical Constrain untuk mengubah posisi suatu objek agar lebih lurus menggunakan acuan garis keatas.

11. Symmetric
    Symmetric digunakan untuk mengubah 2 garis yang sejajar dengan acun garis menjadi sumbu.

12. Fix
    Fix adalah alat untuk memperbaiki titik dan kurva dalam posisi relatif terhadap sistem koordinat sketsa.

13. Equal
    Equal adalah alat untuk membatasi lingkaran dan busur yang dipilih ke jari-jari yang sama dan garis yang dipilih akan sama panjangnya.

Kesimpulan

Oke sobat, itulah tool-tool atau alat-alat yang ada di Software Autodesk Inventor untuk pembuatan objek 2 dimensi atau 3 dimensi. Yang sudah dijelaskan diatas itu masih beberapa dari alat yang ada di Autodesk Inventor, tetapi itu merupakan alat dasar dari pembuatan suatu objek atau profil, jika kalian sudah mempelajari dan menguasai alat dasar yag sudah dijelaskan diatas maka kalian akan lebih mudah untuk mempelajari alat-alat lainnya dari Software Autodesk Inventor.

Belum ada Komentar untuk "Bagian - Bagian dari Software Autodesk Inventor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Pelajari Lebih Lanjut.